Kunci Untuk Pertumbuhan dan Ekspansi Berkelanjutan

19 11 2008

Langkah Ekspansi

Memang sebaiknya bisnis Anda maju pesat. Tapi, ingat… sebuah perusahaan berbasis-internet tidak harus berkembang dan melakukan ekspansi seperti Perusahaan Multinasional. Yang paling perlu mengembangkan diri adalah sang pemilik bisnis. Ia harus jadi orang yang semakin pandai dan makin pandai tiap harinya.

Selain itu seorang pebisnis harus open mind, terbuka terhadap perubahan. Karena bisnis internet adalah bisnis yang perkembangannya jauh lebih cepat dibanding bisnis offline. Tentu ini semua juga seiring dengan perkembangan model-model bisnis dan Teknologi Informasi.

Nah, sekarang pertanyaannya, apa kunci pertumbuhan dan ekspansi dalam bisnis internet? Untuk terus mengembangkan dan ekspansi bisnis internet, maka jangan pernah berhenti berinvestasi. Bentuk investasi ini berupa pengetahuan dan kemampuan, knowledge and skill. Intinya Anda harus terus mengembangkan pengetahuan dan kemampuan Anda dalam bidang bisnis internet. Ya, Investasi pada diri sendiri. Bukan investasi dengan membangun gedung kantor, membeli properti, membangun pabrik-pabrik dan membeli perkebunan…

Artinya, jangan segan-segan untuk meluangkan sedikit waktu dan belanjakan sebagian uang Anda untuk meng up-date informasi terbaru tentang bisnis internet. Entah membeli ebook-ebook model bisnis internet terkini atau membeli software-software tercanggih.

Tentu, jangan cuma membeli, tapi juga pelajari semua itu. Boleh saja Anda sekarang sudah merasa pintar, sudah tahu banyak hal tentang bisnis internet. Tapi ingat, internet itu bergerak sangat cepat. Kalau Anda tidak mengikuti perkembangannya, bisnis Anda yang sekarang ini akan jadi bisnis kuno, ketinggalan jaman. Akibatnya, Anda akan tertatih-tatih mengikuti selera masyarakat yang juga terus berkembang.

Menurut saya, ya… cuma mereka yang punya pengetahuan serta kemampuan mumpuni yang akan menjalankan bisnis-bisnis terbaik. Kesimpulannya, roda bisnis Anda akan terus berputar selama Anda terus mengembangkan ilmu Anda. Sejauh mana Anda bisa menciptakan ide baru, sejauh itu pula Anda bisa menciptakan satu produk yang laris. Jadi… Investasikan uang Anda untuk membuat diri Anda pintar, bukan membuat diri Anda kaya.

Ada aturan investasi yang bisa Anda terapkan pada diri Anda. Cukup gunakan saja 5% dari waktu dan penghasilan Anda. Meski cuma menggunakan 5% waktu dan uang, Anda akan tetap berada di puncak kemajuan teknologi baru. Setidaknya, 5% ini bisa Anda gunakan untuk mengintip informasi-informasi terbaru yang sedang nge-trend setiap hari. Kalau Anda adalah seorang yang super sibuk, gunakan saja 1 jam dari 24 jam yang Anda miliki per hari untuk menambah pengetahuan Anda.

Banyak newsletter, webinar, teleseminar dan bahkan seminar-seminar offline tentang bisnis internet menyediakan informasi yang mengembangkan pengetahuan dan skill Anda. Akhirnya ….pelajari yang Anda dapat setiap hari….dan segera terapkan untuk bisnis online Anda sendiri. Ciptakan produk-produk baru berdasar ilmu yang sudah Anda kumpulkan.

Untuk mencapai sukses Anda harus terus mengembangkan bisnis. Ya, lakukan ekspansi! Kenapa? Agar Anda bisa bertahan di tengah persaingan yang pasti makin sengit. Ekspansi bisnis menandakan perkembangan bisnis yang Anda miliki. Jadi, jika terlalu lambat, bisnis Anda akan tertinggal jauh oleh pesaing Anda.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: