Smart Work, bukan Semaput!

19 11 2008

Apa itu Kerja? Apa itu Deal?

Sebagian besar pebisnis internet tidak pernah bercita-cita menjadi seorang pebisnis internet. Hampir semua teman-teman pebisnis internet yang saya kenal pernah bekerja di tempat lain sebelum menggeluti karir di internet marketing. Tapi, coba Anda tanyakan pada teman-teman saya ini: “Apa bedanya kerjaan Anda dulu dengan yang sekarang?” Anda pasti akan mendapat jawaban yang menakjubkan. Memang bagaimana jawaban mereka? Bagi seorang pebisnis internet, bekerja bukanlah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh uang. Anda bingung? Ok… lebih baik kita jelaskan satu per satu. Siap-siap…

Apa sih “kerja” itu ?
Kebanyakan orang memang memandang, bekerja itu bertujuan untuk mendapat uang. Kerja = Uang. Kalau kerja ya dapat uang, tidak kerja ya tidak dapat uang. Titik. That’s all. Berhenti sampai di sini saja. Ini mental pegawai, karyawan, bukan mental seorang pebisnis. Pikiran seorang pegawai sudah terprogram.

Yang namanya kerja itu satu cara untuk mendapatkan uang. Contoh, Anda bekerja di pabrik garmen. Anda dibayar untuk menjadi pembuat model pakaian. Maka Anda dibayar untuk membuat model pakaian. Boss Anda tidak akan membayar Anda untuk menemukan cara membuat model pakaian dan mencari pangsa pasar untuk model pakaian yang Anda buat. Boss hanya membayar Anda untuk pekerjaan membuat model-model pakaian.

Apa sih “ Making Deals”
Singkatnya making deal adalah aktivitas yang berpotensi menghasilkan uang. Bagi pebisnis internet, bekerja bukan untuk melakukan kegiatan yang sekedar menjalankan bisnis. Tapi, menciptakan bisnis. Menciptakan peluang untuk membuat model pakaian Anda diterima publik. Bekerja berarti membuat masyarakat senang dengan model pakaian yang Anda launching. Bekerja berarti menjalin kerja sama dengan pebisnis lain untuk menjual lebih banyak pakaian di toko-toko, mall-mall, dan pasar-pasar tradisional.

Anda sudah paham?
Dengan kata lain, sebagian besar orang memandang “kerja” sebagai kegiatan sehari-hari yang bertujuan membuat roda bisnis berjalan. Misal, pekerjaan di kantor berita. E-mail harus dibaca dan segera dibalas. Arsip harus dilakukan, dll, dll… sederet kegiatan bisa kita masukkan dalam kategori kerja.

Untuk bisnis internet yang sudah berjalan, kerja adalah mengangkat telepon, menerima pesanan, membalas email, membuat website atau blogsite atau blog baru, merancang halaman website atau blog, melayani klien, dll… Sebagai pebisnis internet Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk website atau blogsite atau blog Anda. Membuatnya lebih baik, memperbaiki ini dan itu, menambah A dan B, mengurangi X dan Y. Tapi tahukah Anda kalau pekerjaan seperti itu tidak akan menghasilkan uang sepeserpun.

Lebih baik pekerjakan seorang programmer untuk melakukan redesign website atau blog atau perbaikan tampilannya. Sementara Anda bisa making deal dengan pebisnis lain untuk menghasilkan lebih banyak uang. Jika Anda tetap bersikukuh menjalankan bisnis Anda sendirian, Anda tidak akan punya waktu untuk mengembangkan bisnis Anda. Waktu Anda habis hanya untuk mengurusi satu website atau blogsite atau blog dan satu produk. Anda jadi tidak punya waktu untuk mencoba strategi dan model bisnis baru. Bahkan Anda tidak punya waktu lagi untuk mengupdate pengetahuan dan kemampuan Anda.
Tetapi jika memang Anda sendiri harus melakukan “kerja” itu sendiri, maka lakukanlah secepat dan se-efisien mungkin. Jangan kuras konsentrasi dan energi pada pekerjaan yang tidak akan menghasilkan uang. Anda harus memfokuskan perhatian Anda pada making deals yang akan menghasilkan uang bagi Anda.

Di bawah ini, cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan making deal. Kegiatan-kegiatan ini bisa Anda lakukan untuk menambah potensi menghasilkan uang.

1. Kunjungi website atau blog yang berhubungan dengan website atau blog Anda.
Website atau blogsite adalah tempat dimana Anda akan menemukan partner kerjasama potensial. Hubungi pemilik website atau blogsite, dan jalin kontak untuk deal yang sama-sama menguntungkan.

2. Mulailah untuk membuat blog.
Ini salah satu deal menguntungkan, dan paling potensial yang dapat Anda lakukan. Semakin banyak pembaca dan daftar pelanggan artikel Anda, semakin banyak keuntungan yang dapat Anda hasilkan.

3. Hadiri seminar offline dan bangun hubungan bisnis yang kuat dengan orang lain di bidang bisnis Anda.
Sekali lagi, ini cara menemukan partner kerjasama potensial. Apakah ini berarti kita boleh mengesampingkan kerja dan sepenuhnya memfokuskan pada deals saja ? Memang akan sangat menyenangkan bila kita bisa mengesampingkan pekerjaan harian dan tidak melakukan apa-apa kecuali membuat deal yang menghasilkan uang. Itu surga dunia!

Sayangnya, tugas pekerjaan harian harus tetap dikerjakan sampai apa yang kita inginkan terlaksana. Tapi, Anda tidak perlu cemas. Kita bisa belajar bagaimana bekerja dengan cerdas. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan yang sama dalam waktu singkat. Sehingga kita dapat mempunyai waktu luang lebih banyak untuk membuat deals yang akan menghasilkan uang.

Beberapa contoh bekerja cerdas :
1. Tulislah halaman FAQ untuk website atau blogsite Anda dan gunakan autoresponder untuk mengarahkan pertanyaan ter-umum ke halaman itu.
2. Buatlah jadwal untuk menyelesaikan kerja harian yang tidak menghasilkan uang. Dan dalam skedul itu selipkan kegiatan membuat deals yang tentu menghasilkan uang.
3. Beli automation software yang dirancang untuk melakukan tugas harian yang menyita waktu.

Selesaikan pekerjaan secepat mungkin dan fokuskan pada kegiatan membuat deals. Sekarang Anda harus pergi keluar dan mencari pasar baru. Sekarang ANDA dibayar untuk berpikir!!! Sekarang Giliran Anda: Lakukan Sesuatu ! Kesuksesan atau kegagalan bisnis online tergantung pada Anda. Jika Anda sukses, pujian akan diberikan bagi Anda. Jika Anda gagal, Anda juga yang akan menanggungnya. Kesuksesan atau kegagalan ada di tangan Anda sendiri. Anda yang mengatur nasib bisnis internet Anda. Keputusan ada di tangan Anda sepenuhnya. Jika Anda melakukan pilihan yang bijaksana maka Anda akan menang dan kesuksesan menjadi milik Anda.

Jika Anda melakukan pilihan yang tidak bijaksana maka bisnis Anda akan hancur terbakar. Harapan dan impian Anda akan hilang bersamanya.

Saatnya unjuk gigi


Ingat, setiap hari ada ribuan pebisnis internet baru yang muncul. Unjuk gigi dan kebolehan. Dari jumlah yang ribuan itu, 90% nya akan mati dalam 120 hari. Benar! Anda harus masuk dalam golongan 10% yang mencapai sukses dari bisnis internet. Tapi sadarlah, itu bukan hanya terjadi di bisnis internet. Bisnis apapun, bagaimanapun bentuknya, online ataupun offline, hanya memberikan kesuksesan kepada 10% pebisnis, dan mereka adalah pebisnis tangguh. Jika Anda tidak bisa mengatasi berbagai hambatan yang ada, Anda akan gugur. Ibarat pacuan kuda, yang menang adalah yang bisa melangkah lebih panjang.

Itu cerita sedihnya. Dan masih ada cerita bahagianya… Meskipun Anda hanya berpeluang 10% untuk sukses, Anda dapat mengatasi hambatan yang ada dalam berbisnis internet. Anda tidak yakin? Kenapa tidak? Bukankah Anda orang yang terus belajar dan mengikuti panduan Sistem Mesin Uang Otomatis? Anda akan masuk dalam 10% pebisnis internet yang sukses. Kecuali jika Anda adalah pebisnis yang…
1. tidak mempunyai mindset yang sehat dan tepat,
2. tidak cepat belajar dan cepat praktekkan,
3. tidak membangun relasi online,
4. tidak memilih mentor yang cakap.

Sekarang persenjataan pengetahuan Anda semakin lengkap. Tunggu apalagi?
Segera taklukkan bisnis internet!

Take action, Now!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: