Wujudkan Ide Cemerlang Anda

19 11 2008

Bisnis OnlineSudah sampai mana kemajuan bisnis internet Anda? Anda sudah punya blog atau web? Sudah join di berapa forum? Atau bahkan Anda sudah punya banyak produk? That’s good. Bisnis internet itu intinya cuma satu, segera bertindak! Apapun ilmu yang Anda dapat, berapapun ilmu yang Anda pelajari, tidak ada ada gunanya kalau tidak segera dipraktekkan!
Langkah pertama Anda akan menentukan sejauh mana keberhasilan Anda. Anda pasti pernah nonton Moto GP atau Formula 1. Valentino Rossi dan Schumacher tidak akan bisa jadi langganan Juara Dunia kalau mereka tidak melakukan start yang bagus. Artinya, kecepatan langkah pertama sangat menentukan kesuksesan yang mereka raih. Begitu juga dalam dunia bisnis. Siapa cepat dia dapat! Maksud saya, kecepatan Anda dalam merintis bisnis akan memberi nilai tambah yang lumayan untuk kesuksesan Anda.
Menjadi pelopor itu lebih baik daripada pengekor. Ya, karena produk pelopor inilah yang akan terus diingat orang. Nah, sekarang ide apa yang ada di kepala Anda? Apa rencana untuk bisnis Anda ke depan? Segera wujudkan! Segera eksekusi!
Banyak orang berbondong-bondong terjun di bisnis internet. Banyak orang menginvestasikan waktu dan tenaga mereka di depan monitor komputer. Tapi, tidak banyak yang bisa berhasil gemilang. Kenapa? Karena jarang ada yang bisa mengawal ide bisnis sampai ke puncak sukses. Kita terlalu lambat melangkah dan terlalu banyak berpikir. Padahal pada dasarnya, kita cuma learning by doing. Belajar sambil bekerja. Benar, sambil terus belajar kita juga harus mengerjakan apa yang sudah dipelajari. Dengan begitu, apapun ide yang Anda telurkan bisa segera dierami dan menetas sempurna.
Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda bertindak cepat? Bisnis Anda melaju pesat? Apapun yang Anda pikirkan sudah benar-benar dilaksanakan?
Begini, lebih baik sekarang Anda koreksi dulu perjalanan bisnis Anda. Apakah Anda sudah mendapatkan apa yang Anda mau? Kalau Anda sudah merasa cukup dengan apa yang Anda peroleh sekarang, silakan Anda stop sampai di sini. Jangan buang waktu Anda yang berharga. Tidak perlu baca tulisan saya ini. Tapi, jika Anda belum puas dengan kondisi Anda sekarang, Anda wajib meneruskan membaca artikel ini.
Tidak banyak orang yang bisa mengeksekusi apa yang ada di pikiran mereka. Mewujudkan ide menjadi uang! Mengubah waktu dan tenaga menjadi investasi yang terus berlipatgAnda nilainya. Saya yakin setiap saat Anda pasti memikirkan ide-ide cemerlang untuk kebebasan finansial Anda, untuk kemajuan bisnis Anda. Tapi, sejauh mana Anda melangkah? Sudah sampai mana ide cemerlang itu berjalan?
OK, saya tidak akan bertele-tele. Ada tiga cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda bertindak sigap.
1. Cukup pikirkan satu ide saja
Meski sekarang di kepala Anda ada banyak ide bisnis internet yang luar biasa hebat, Anda tetap harus pilih satu ide saja. Ya, pilih ide yang paling hebat! Mudah dilancarkan dan pasti menguntungkan.
Kunci kesuksesan adalah fokus. Nah, khawatirnya jika Anda memilih banyak ide untuk dijalankan, Anda tidak bisa fokus. Harus kita akui sebagai manusia kita punya banyak keterbatasan. Kalau satu ide saja belum berhasil kita kawal sampai sukses, bagaimana bisa menjalankan banyak ide?
2. Jangan merasionalisasi ide Anda
Salah satu cara gagal dalam berbisnis adalah dengan merasionalisasi ide. Misal, Anda membuat ebook. Dan Anda jual ebook tersebut seharga 50 ribu. Lalu Anda bertanya pada diri sendiri, “bukankah ebook ini terlalu murah? Ah! ebook ini tidak layak kalau dijual 50 ribu. Mungkin walaupun diberikan gratis pun tidak ada yang mau. Mungkin lebih baik saya cari saja ide yang lain!”
Buang semua hal yang bisa mengancam kesuksesan ide Anda. Meski itu datangnya dari diri Anda sendiri. Pemikiran demikian ini biasanya perwujudan dari rasa malas yang berusaha mencegah Anda untuk bekerja keras. Percayalah! Banyak godaan yang akan hadapi dalam berbisnis. Termasuk hambatan yang datang dari dalam diri sendiri. kita tidak boleh lemah. Jangan berpikir bahwa ide yang lain lebih baik dari yang Anda pilih sekarang. Anda tidak akan pernah tahu seberapa hebat hasil yang akan Anda peroleh, jika Anda tidak mencobanya. Yang penting segera melangkah! Jangan terlalu banyak pertimbangan.
3. Jangan terlalu konsentrasi pada hal sepele
Marketing atau pemasaran memang menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah produk. Apapun produk yang Anda punya entah berupa jasa maupun barang, Anda perlu strategi marketing jitu untuk membuat dagangan Anda laris.
Tapi, sayangnya, umumnya para pemilik produk terlalu konsentrasi pada hal lain di luar masalah pemasaran ini. Contoh, terkadang kita bingung berhari-hari hanya untuk menentukan ”warna mana yang cocok untuk sampul ebook saya?” Bisa biru, coklat, hitam, putih… dll.
Terlalu lama berpikir untuk hal sepele bisa menjebak diri Anda sendiri. Padahal untuk menyelesaikan masalah sampul, Anda bisa mengambil keputusan cepat. Atau jika Anda kebingungan, lebih baik minta pendapat teman atau saudara Anda. Itu lebih bagus daripada Anda sibuk mengurusi warna ebook. Ada hal lain yang lebih penting, misal urusan promosi dan iklan.
Nah, sekarang saya tunggu ide brilian Anda. Sejauh mana Anda bisa mewujudkan ide yang ada di benak Anda sekarang? Kapan Anda mau mengeksekusi ide itu? Kalau bisa sekarang kenapa menunggu besok? Saya percaya setiap pemikiran, ide, dan kreativitas pasti menyimpan potensi sukses yang luar biasa. Tinggal bagaimana kita mewujudkannya.
Jangan heran kalau Aqua dari Danone saja bisa sukses dan mendunia. Padahal ide dasarnya sederhana, cuma jualan air putih. Benar-benar simpel kan? Tapi kenapa produsen Aqua bisa kaya? Nah, sekarang kita buktikan saja kalau ide-ide yang kita punya juga bisa membuat kita sukses.
Jangan lupa untuk beri tahu saya kalau Anda sudah sukses… OK?
Salam action!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: